10 Cara Praktis Untuk Meningkatkan Diri Dari Bangun Tidur Sampai Tidur Kembali




Meningkatkan kemampuan diri merupakan kewajiban setiap individu karena tentu kita tidak ingin berhenti di tempat dan keadaan yang sama setiap harinya. Seseorang dengan kemauan yang kuat akan dikalahkan dengan seseorang yang memiliki bakat, karena kemauan yang kuat dapat memberi kita kekuatan untuk terus produktif dan disiplin.


Saya pribadi sangat senang belajar hal baru sekaligus meningkatkan kemampuan diri dan yakin bertumbuh itu memiliki proses yang tidak singkat dan belajar hal baru tidak memiliki batas waktu. Semakin saya belajar dan bertumbuh, semakin saya menyadari ada begitu banyak hal di luar sana yang tidak saya ketahui, begitu banyak hal yang harus saya pelajari saat ini juga. Dari kesadaran ini, saya memahami bahwa dengan meningkatkan dan mengembangkan diri, kita akan mendapatkan hasil maksimal dalam menjalani hidup.


Jika Anda adalah seseorang yang ingin bertumbuh menjadi lebih baik, berarti kita memiliki kesamaan. Yakinlah bahwa selalu ada sesuatu tentang diri kita yang dapat kita tingkatkan. Potensi manusia sebenarnya tidak terbatas dan dengan bertumbuh kita akan mencapai titik yang kita inginkan. Nah! Ini dia beberapa cara untuk meningkat diri yang biasanya saya lakukan :


It's time to start being the person you want to be, not the person you think everyone else wants you to be. This is your only and one life, so make it count


        1.    Bangun Pagi dan Hindari Begadang

Bangun di antara pukul 5 pagi atau pukul 6 pagi paling lambat adalah cara untuk membantu menjalani pola hidup lebih sehat, lebih mudah berkonsentrasi dan meningkatkan produktivitas. Rata-rata orang-orang sukses dunia juga bangun lebih pagi dan tidur lebih cepat sehingga mereka memiliki waktu lebih banyak untuk melakukan aktivitas, lebih disiplin dan lebih produktif.

        2.    Berolahraga

Berolahraga sangat penting, selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh berolahraga juga dapat memperbaiki suasana hati. Dipercaya bahwa olahraga dapat menstimulasi suatu zat kimia pada otak yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia dan santai. Dan kebiasaan berolahraga ini juga rutin dilakukan oleh orang-orang sukses dunia sebelum mereka melakukan aktivitas hariannya. Jenis olahraga yang paling mudah untuk dilakukan adalah jogging setidaknya selama 30 menit.

        3.    Membaca Buku Setiap Hari

Setelah bangun pagi dan berolahraga kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri adalah membaca buku, selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan membaca buku juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi serta meningkatkan kualitas memori selain itu membaca juga dapat menstimulasi mental dan mengurangi stress. Saat ini saya lebih banyak membaca buku dibandingkan menonton tayangan TV atau Netflix.

        4.    Memulai Hobi Baru

Sebelum melakukan rutinitas ini saya sadar, saya bahkan tidak memiliki hobi sama sekali selain menonton film, membaca novel dan bermain sosial media. Saya mencoba hobi baru yaitu olahraga panahan, saya lakukan ini selama 2 tahun terakhir dan ini sangat menantang sekaligus mengasyikkan. Belajar hal baru memang tidak mudah tapi kalau kita ingin bertumbuh berarti kita harus siap atas segala risikonya. Hobi dapat membuat kita menjadi lebih fokus dan juga dapat memperkuat karakter diri.

        5.    Tingkatkan Skill

Saat ini banyak sekali webinar-webinar yang dapat Anda ikuti mulai dari yang gratis sampai yang berbayar dengan harga jutaan. Jenis webinar juga menjadi lebih bervariatif ada yang membahas tentang bisnis, self development dan lain sebagainya. Jika, Anda ingin bertumbuh sekarang waktunya untuk Anda memulai menghadiri seminar online maupun offline dari mentor-mentor hebat dan menemukan mentor Anda sendiri. Dari kegiatan ini juga saya dapat menemukan mentor saya untuk belajar dan bertumbuh.

        6.    Mulailah Menulis Jurnal Harian

Mungkin Anda akan berpikir jurnal harian adalah sebuah diary. Ya! tidak salah. Menurut beberapa mentor yang saya temui menulis jurnal juga dapat meningkatkan produktivitas dan menjaga konsistensi saat akan memulai melakukan perubahan pada diri. Pada jurnal ini Anda dapat memulai untuk menuliskan kegiatan yang akan Anda lakukan atau rencana-rencana yang akan Anda wujudkan di masa depan. Di jurnal ini juga Anda dapat Menulis hal-hal apa yang telah Anda capai dan tidak capai di hari itu bahkan Anda juga dapat menulis curhatan harian disini. Saya merasakan setelah menulis jurnal, saya menjadi lebih konsisten dan tetap fokus pada tujuan.

        7.    Tetap Bersosialisasi

Saat Anda mencapai umur 20an mungkin Anda akan merasa bahwa teman-teman Anda menjadi lebih sedikit dibanding dulu. Namun, jangan khawatir tetaplah menjadi diri Anda sendiri, jangan insecure dan stay humble kepada semua orang. Dan ingat jangan membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain, karena setiap setiap orang memiliki waktu untuk sukses.

        8.    Komitmen

Ingat saat Anda memulai, buka kembali jurnal dan baca kembali hal-hal apa yang menjadi impian Anda. Semua buku, semua mentor dan semua kata-kata bijak tidak dapat menolong saat Anda saat Anda tidak berkomitmen dan memilih mundur. Komitmen adalah tiang impian, kenapa? karena dengan komitmen kita dapat bertahan dan menemukan solusi atas setiap masalah yang datang. Jika Anda ingin bertumbuh maka, Anda harus bertanggung jawab atas diri Anda sendiri.

        9.    Beristirahat Saat Lelah

Banyak diantara kita saat memulai sesuatu hal, misalnya sebuah bisnis ketika menemukan suatu masalah contohnya produk tidak laku terjual disitu kadang banyak yang memilih untuk mundur dan melupakan tujuannya. Dalam kondisi seperti ini, tentu Anda menemui banyak masalah dan Anda dapat memilih untuk beristirahat dan mengingat kembali tujuan dan mimpi-mimpi Anda. Jangan berhenti karena Anda telah berjalan sejauh ini untuk menjadi manusia yang lebih baik, semua memang butuh proses.

        10.    Berdoa

Semua usaha dan kerja keras yang kita lakukan tidak akan berhasil tanpa doa dan restu kedua orang tua. Maka, jangan lupa untuk berdoa dan diiringi dengan usaha yang optimal dan semangat Anda pasti bisa!

Saya paham untuk merubah rutinitas dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama merupakan hal yang sangat sulit untuk langsung diterapkan. Mulailah dengan perlahan dan percaya pada diri Anda sendiri, semuanya butuh proses. Semua tips ini hanya sebagian kecil dari semua cara-cara orang sukses untuk bertumbuh. Sekarang, saatnya Anda untuk memutuskan.


Kritik dan saran dapat disampaikan di kolom komentar ya...


Penulis        : Hardini Nur Aulia
Publisher    : thesunnychamber.blogspot.com
Foto Credit : www.freepik.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.